Cara Diagnosis Kanker Usus Besar

Cara mendiagnosis kanker usus besar – Apabila anda merasakan gejala gejala kanker usus, mulailah untuk menemui dokter umum. Dokter akan mulai memeriksa kondisi fisik Anda apakah ada indikasi ke arah kanker usus besar atau hanya penyakit pencernaan biasa. Banyak tahapan yang harus dilalui apakah sel kanker telah tumbuh di dalam usus besar Anda atau usus Anda dinyatakan bersih. Berikut beberapa tahap diagnosisnya:

1. Pemeriksaan Fisik. Pemeriksaan fisik yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan melakukan penekanan di perut dan juga di dubur pasien. Apakah ada benjolan di perut dan dubur.

2. Tes Laboratorium. Banyak tes atau pemeriksaan yang harus dilakukan apakah Anda benar-benar terkena penyakit kanker usus besar. Tahapan tahapan dalam tes tersebut antara lain:
• Tes yang dilakukan pertama kali adalah test skrining. Tes ini wajib bagi penderita polip kolorektal. Tes ini juga akan dilakukan bagi penderita yang merasakan diare, sembelit dan beberapa gejala yang dicurigai sebagai kanker usus besar. Tes ini dilakukan dengan memasukkan alat seperti scan yang bisa berguna untuk melihat kondisi usus besar. Apakah ada benjolan yang mencurigakan atau tidak.
• Kolonoskopi akan dilakukan sebagai tindak lanjut sejauh mana jaringan atau benjolan di usus besar tersebut.
• Untuk mengetahui apakah benjolan tersebut bersifat kanker atau bukan, pasien akan disuruh untuk melakukan tes darah.
• Tes fungsi hati.
• Tes darah yang keluar dengan tinja atau disebut juga dengan FOBT. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab keluarnya darah bersamaan dengan tinja.

3. CT Scan. CT Scan merupakan langkah yang dilakukan untuk memeriksa bagian-bagian di dalam otak. Istilah lainnya adalah rekam otak atau ronsen otak. Bagian otak di kepala pun akan terekam dengan jelas.

4. MRI Scan. Sebagian orang asing dengan istilah ini. MRI Scan merupakan ronsen atau rekam struktur tubuh manusia. Menfaatkan dengan medan magnet, gelombang radio dan juga komputer. Struktur di dalam tubuh pun bisa terlihat dengan jelas. Tidak semua organ bisa dilakukan MRI Scan. Untuk mendeteksi kanker usus besar hanya organ tertentu saja.

5. PET Scan. PET scan merupakan pemeriksaan diagnosis yang bisa menghasilkan gambar fungsi dari biologis tubuh manusia dengan jelas. Hal ini bermanfaat untuk mengetahu sejauh mana sel kanker menyebar. Diagnosa tersebut akan Anda lakukan jika Anda merasakan adanya ciri ciri kanker usus besar.

Baca juga info penting tentang obat herbal kanker usus besar yang ampuh

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit kanker usus besar. Dengan mengetahui cara cara tersebut diharapkan dapat mengurangi resiko dari penyakit ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Source : www.mayoclinic.org

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *