4 Komplikasi Akibat Penyakit Jantung Koroner

komplikasi jantung koroner

komplikasi jantung koroner

4 komplikasi akibat penyakit jantung koroner – Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu penyakit pembunuh nomor satu di benua Amerika yaitu Jantung Koroner yang dikenal sebagai penyakit sumbatan atau tertutupnya aliran pada pembuluh darah koroner jantung oleh plak kolesterol sehingga terjadinya serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian. Mengapa benua Amerika menjadi korban penyakit ini? Salah satunya ialah faktor gaya hidup dan konsumsi makanan sehari hari, gaya hidup yang jarang berolahraga akan menyebabkan obesitas / kegemukan yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Selain itu makanan yang dikonsumsi sehari hari berupa fast food dan junk food yang bersifat cepat saji dan mengandung akan kadar lemak dan kolesterol yang tinggi serta rendah serat tentunya akan menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol dalam tubuh yang tidak mampu dibuang sepenuhnya oleh hati sehingga terjadilah penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Apabila kondisi ini terus dibiarkan maka akan sangat berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya, berikut ada 4 komplikasi yang umumnya terjadi:
1. Penyumbatan yang terjadi akan meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan detak jantung menjadi abnormal karena harus memompa darah lebih keras yang sering disebut dengan kondisi aritmia. Detak jantung yang abnormal ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
– Takikardia yaitu kondisi detak jantung yang berdetak lebih cepat dari kondisi normal.
– Bradikardia yaitu kondisi detak jantung yang berdetak lebih lambat dari kondisi normal.
– Vibrilasi yaitu detak jantung yang tidak efektif, jantung tetap memompa darah namun darah tidak dapat keluar dari atrium jantung sehingga tidak dapat bersikulasi di dalam tubuh, apabila hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan stroke ringan atau gagal jantung. Apabila vibrilasi ini terjadi pada ventrikel maka akan menjadi aritmia yang mematikan, sebab 95% penderita ventrikel vibrilasi meninggal dunia sebelum sempat ditolong.
2. Gagal Jantung, kondisi ini merupakan melemahnya kemampuan daya pompa jantung sebagai akibat dari organ jantung yang mengalami malnutrisi dan oksigen atau akibat serangan jantung, kondisi jantung yang sangat lemah dalam memompa darah ini juga sering dikenal sebagai lemah jantung.
3. Jantung Bengkak, sebagai akibat dari penyumbatan dan kerja keras organ jantung untuk memompa darah dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan terjadinya pembengkakan organ jantung dan komplikasi penyakit berbahaya lainnya.
4. Serangan Jantung, ini merupakan efek yang paling buruk karena dapat menyebabkan kematian mendadak, apabila pembuluh darah arteri tersumbat sepenuhnya oleh plak kolesterol atau pembekuan darah maka jantung akan berhenti berdetak dan menyebabkan aliran darah terhenti, kondisi ini akan menyebabkan kerusakan otot jantung dan saraf pada tubuh secara menyeluruh, apabila terlambat mendapatkan pertolongan maka akan terjadi kematian.

Baca informasi penting seputar obat tradisional jantung koroner yang ampuh.

Setelah kita membaca artikel ini tentu musuh utama jantung ialah kolesterol sehingga kita perlu lebih mewaspadai asupan makanan yang kita konsumsi sehari hari dengan tujuan untuk menjaga kesehatan organ jantung kita, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati.

Source : www.healthline.com

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *