Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan yang Paling PentingBanyak orang belum mengetahui tentang khasiat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh manusia karena mungkin agak sulit didapatkan. Dalam sejarah pohon zaitun memiliki peran yang penting bagi kelangsungan hidup manusia dan bahkan tertulis di dalam kitab suci agama besar di dunia.

Pohon zaitun ini memiliki nama latin olea europaea yang berasal dari daerah mediterania / timur tengah eropa yang dapat hidup sampai usia ratusan sampai ribuan tahun. Oleh karena itulah banyak orang beranggapan dengang mengkonsumsi buah dari pohon zaitun dapat membuat awet muda dan berumur panjang.

Buah zaitun terbukti sebagai salah satu makanan yang tinggi lemak tak jenuh sekitar 80 sampai 85 persen dari komposisi buah zaitun berupa lemak. Lemak yang terkandung di dalam zaitun ini terdiri dari komposisi asam lemak tak jenuh tunggal, asam oleat, asam linoleat, asam lemak esensial, dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Pohon zaitun merupakan bukti kehebatan sang pencipta dalam wujud nyata yang eksis di bumi ini dan dianggap sebagai pohon kehidupan. Di daerah palestina ada pohon zaitun yang tumbuh dan bertahan hidup sampai umur 2000 tahun.

Mengapa bisa selama itu? Hal ini tentu membuat penasaran para ahli dan ilmuwan untuk meneliti pohon zaitun yang dapat berumur panjang dibanding tanaman jenis lain. Selain itu tujuannya adalah dengan memanfaatkan pohon zaitun untuk kesehatan tubuh manusia.

Ternyata mereka menemukan suatu senyawa ajaib yang disebut anti oksidan zaitun hydroxytyrosol terdapat di dalam buah zaitun yang sering diekstrak menjadi minyak zaitun. Khasiat buah zaitun untuk kesehatan berasal dari anti oksidan yang tergolong ke dalam jenis polifenol ini.

Khasiat Alami Minyak Zaitun Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Khasiat Alami Minyak ZaitunKehebatan dari senyawa hydroxytyrosol ini juga sudah diakui di seluruh dunia dan pertama kali dimanfaatkan untuk memelihara kecantikan. Mulai dari perawatan sel kulit mati, melindungi dari sinar UV matahari, mencerahkan kulit, dan menjaga kelembaban serta elastisitas kulit.

Sekarang anti oksidan super ini telah dikembangkan lebih jauh untuk digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit yang berhubungan dengan masalah kardiovaskular dan penyakit degeneratif lainnya. Selain itu minyak zaitun juga dapat bekerja secara efektif di dalam darah untuk melancarkan peredaran darah, menghancurkan sumbatan, menghilangkan nyeri pada persendian, meregenerasi sistem daya tahan tubuh, dan menyehatkan sistem metabolisme pencernaan.

Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan jantung merupakan yang paling utama karena dapat mencegah terjadinya oksidasi dan penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah arteri koroner jantung. Dengan mengkonsumsi zaitun hydroxytyrosol secara teratur setiap hari dapat menjauhkan Anda dari masalah penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular lainnya.

Hal ini dikarenakan asam oleat dan polifenol di dalam minyak zaitun dapat menurunkan lemak jenuh dan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh manusia yang berkaitan erat dengan masalah penyakit kardiovaskular. Diet rendah lemak dengan menggunakan lemak tak jenuh dari minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol LDL dalam darah, dan meningkatkan HDL sehingga resiko penyakit jantung akan semakin rendah.

Baru baru ini studi penelitian menyatakan bahwa jenis lemak tak jenuh biji tunggal yang terkandung di dalam minyak zaitun ini dapat menstabilkan tekanan darah. Asam oleat yang diserap oleh pencernaan akan menuju ke membran sel pada dinding pembuluh darah dengan mengubah protein kaskade sehingga pembuluh darah menjadi lebih lebar dan aliran darah menjadi lancar.

Itulah khasiat alami minyak zaitun untuk kesehatan tubuh manusia yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Untuk mendapatkan minyak zaitun yang berkualitas dapat Anda beli di swalayan besar dengan jenis minyak zaitun extra virgin atau extra virgin olive oil yang kemurniannya mencapai 99%.

Share This:

Tips Toksifikasi atau Pembuangan Racun Pada Tubuh Secara Alami

Tips toksifikasi tubuh alias mengeluarkan racun dalam tubuh ternyata tidak sesulit yang anda bayangkan. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Tentunya proses pembuangan racun ini sangat penting dilakukan karena dapat berdampak positif bagi tubuh. Umumnya setelah dilakukan detoksifikasi, tubuh akan mengalami tanda-tanda tertentu sebagai akibat dari pembersihan toxin dari dalam tubuh dengan jumlah yang besar. Tetapi tidak semua orang yang melakukan proses ini dapat mengalami efek secara keseluruhan. Hal ini disebabkan karena metabolisme setiap orang yang berbeda-beda. Sehingga tanda yang muncul dari proses pembuangan racun ini pun akan berbeda.

Pembuangan Racun dalam Tubuh dengan Makanan Tertentu

Tentunya bukan rahasia lagi jika minum air putih menjadi salah satu cara mengeluarkan zat-zat yang tidak diinginkan dari dalam tubuh. Tetapi selain air putih, masih ada lagi bahan makanan yang dapat digunakan sebagai tips toksifikasi tubuh. Jeruk lemon juga dapat berperan penting dalam proses pembersihan tubuh dari racun serta zat berbahaya yang dapat mengancam tubuh. Dalam hal ini, lemon membantu hati untuk melakukan proses pembersihan melalu proses enzim. Untuk itu, tidak ada salahnya mengkonsumsi jus lemon setiap pagi untuk disertakan sebagai minuman pagi hari. Jika anda tidak kuat dengan minuman dingin dipagi hari, maka buat jus lemon hangat.

Baca artikel kesehatan tentang Obat Tradisional Penghancur Batu Empedu Yang Alami

Banyak orang yang tidak senang dengan brokoli. Padahal sayur yang satu ini sangat ampuh dalam mendetoksifikasi tubuh dari serangan zat dan racun dari dalam tubuh. Brokoli kaya akan kandungan antioksidan. Tidak hanya itu, brokoli juga membantu dalam merangsang produksi enzin detoksifikasi di bagian saluran pencernaan. Selain brokoli, ada pula teh hijau yang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Semuanya berkat kandungan catechin dan flavanoid yang ada dalam teh hijau yang dapat mempercepat aktivitas hati dan meningkatkan produksi enzim detoksifikasi dari dalam tubuh. Anda bisa mengganti teh yang biasa anda konsumsi dengan teh hijau. Demikianlah tips toksifikasi tubuh dengan jenis-jenis makanan sehat.

Sumber : www.webmd.com

Share This:

4 Komplikasi Akibat Penyakit Jantung Koroner

komplikasi jantung koroner

komplikasi jantung koroner

4 komplikasi akibat penyakit jantung koroner – Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu penyakit pembunuh nomor satu di benua Amerika yaitu Jantung Koroner yang dikenal sebagai penyakit sumbatan atau tertutupnya aliran pada pembuluh darah koroner jantung oleh plak kolesterol sehingga terjadinya serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian. Mengapa benua Amerika menjadi korban penyakit ini? Salah satunya ialah faktor gaya hidup dan konsumsi makanan sehari hari, gaya hidup yang jarang berolahraga akan menyebabkan obesitas / kegemukan yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Selain itu makanan yang dikonsumsi sehari hari berupa fast food dan junk food yang bersifat cepat saji dan mengandung akan kadar lemak dan kolesterol yang tinggi serta rendah serat tentunya akan menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol dalam tubuh yang tidak mampu dibuang sepenuhnya oleh hati sehingga terjadilah penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Apabila kondisi ini terus dibiarkan maka akan sangat berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit berbahaya lainnya, berikut ada 4 komplikasi yang umumnya terjadi:
1. Penyumbatan yang terjadi akan meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan detak jantung menjadi abnormal karena harus memompa darah lebih keras yang sering disebut dengan kondisi aritmia. Detak jantung yang abnormal ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:
– Takikardia yaitu kondisi detak jantung yang berdetak lebih cepat dari kondisi normal.
– Bradikardia yaitu kondisi detak jantung yang berdetak lebih lambat dari kondisi normal.
– Vibrilasi yaitu detak jantung yang tidak efektif, jantung tetap memompa darah namun darah tidak dapat keluar dari atrium jantung sehingga tidak dapat bersikulasi di dalam tubuh, apabila hal ini terus dibiarkan akan menyebabkan stroke ringan atau gagal jantung. Apabila vibrilasi ini terjadi pada ventrikel maka akan menjadi aritmia yang mematikan, sebab 95% penderita ventrikel vibrilasi meninggal dunia sebelum sempat ditolong.
2. Gagal Jantung, kondisi ini merupakan melemahnya kemampuan daya pompa jantung sebagai akibat dari organ jantung yang mengalami malnutrisi dan oksigen atau akibat serangan jantung, kondisi jantung yang sangat lemah dalam memompa darah ini juga sering dikenal sebagai lemah jantung.
3. Jantung Bengkak, sebagai akibat dari penyumbatan dan kerja keras organ jantung untuk memompa darah dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan terjadinya pembengkakan organ jantung dan komplikasi penyakit berbahaya lainnya.
4. Serangan Jantung, ini merupakan efek yang paling buruk karena dapat menyebabkan kematian mendadak, apabila pembuluh darah arteri tersumbat sepenuhnya oleh plak kolesterol atau pembekuan darah maka jantung akan berhenti berdetak dan menyebabkan aliran darah terhenti, kondisi ini akan menyebabkan kerusakan otot jantung dan saraf pada tubuh secara menyeluruh, apabila terlambat mendapatkan pertolongan maka akan terjadi kematian.

Baca informasi penting seputar obat tradisional jantung koroner yang ampuh.

Setelah kita membaca artikel ini tentu musuh utama jantung ialah kolesterol sehingga kita perlu lebih mewaspadai asupan makanan yang kita konsumsi sehari hari dengan tujuan untuk menjaga kesehatan organ jantung kita, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati.

Source : www.healthline.com

Share This:

Cara Diagnosis Kanker Usus Besar

Cara mendiagnosis kanker usus besar – Apabila anda merasakan gejala gejala kanker usus, mulailah untuk menemui dokter umum. Dokter akan mulai memeriksa kondisi fisik Anda apakah ada indikasi ke arah kanker usus besar atau hanya penyakit pencernaan biasa. Banyak tahapan yang harus dilalui apakah sel kanker telah tumbuh di dalam usus besar Anda atau usus Anda dinyatakan bersih. Berikut beberapa tahap diagnosisnya:

1. Pemeriksaan Fisik. Pemeriksaan fisik yang akan dilakukan oleh dokter adalah dengan melakukan penekanan di perut dan juga di dubur pasien. Apakah ada benjolan di perut dan dubur.

2. Tes Laboratorium. Banyak tes atau pemeriksaan yang harus dilakukan apakah Anda benar-benar terkena penyakit kanker usus besar. Tahapan tahapan dalam tes tersebut antara lain:
• Tes yang dilakukan pertama kali adalah test skrining. Tes ini wajib bagi penderita polip kolorektal. Tes ini juga akan dilakukan bagi penderita yang merasakan diare, sembelit dan beberapa gejala yang dicurigai sebagai kanker usus besar. Tes ini dilakukan dengan memasukkan alat seperti scan yang bisa berguna untuk melihat kondisi usus besar. Apakah ada benjolan yang mencurigakan atau tidak.
• Kolonoskopi akan dilakukan sebagai tindak lanjut sejauh mana jaringan atau benjolan di usus besar tersebut.
• Untuk mengetahui apakah benjolan tersebut bersifat kanker atau bukan, pasien akan disuruh untuk melakukan tes darah.
• Tes fungsi hati.
• Tes darah yang keluar dengan tinja atau disebut juga dengan FOBT. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab keluarnya darah bersamaan dengan tinja.

3. CT Scan. CT Scan merupakan langkah yang dilakukan untuk memeriksa bagian-bagian di dalam otak. Istilah lainnya adalah rekam otak atau ronsen otak. Bagian otak di kepala pun akan terekam dengan jelas.

4. MRI Scan. Sebagian orang asing dengan istilah ini. MRI Scan merupakan ronsen atau rekam struktur tubuh manusia. Menfaatkan dengan medan magnet, gelombang radio dan juga komputer. Struktur di dalam tubuh pun bisa terlihat dengan jelas. Tidak semua organ bisa dilakukan MRI Scan. Untuk mendeteksi kanker usus besar hanya organ tertentu saja.

5. PET Scan. PET scan merupakan pemeriksaan diagnosis yang bisa menghasilkan gambar fungsi dari biologis tubuh manusia dengan jelas. Hal ini bermanfaat untuk mengetahu sejauh mana sel kanker menyebar. Diagnosa tersebut akan Anda lakukan jika Anda merasakan adanya ciri ciri kanker usus besar.

Baca juga info penting tentang obat herbal kanker usus besar yang ampuh

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit kanker usus besar. Dengan mengetahui cara cara tersebut diharapkan dapat mengurangi resiko dari penyakit ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Source : www.mayoclinic.org

Share This:

Jenis penyakit kista yang perlu diketahui

Jenis Jenis Kista Ovarium

Umumnya penyakit kista ini memang sering kali diderita oleh kaum perempuan, dan telah banyak kaum perempuan yang menderita penyakit kista ovarium ini. Kista ovarium merupakan sebuah kantung kecil yang di dalamnya terdapat cairan yang tumbuh berkembang di dalam ovarium (indung telur) perempuan. Dari banyaknya kasus kista, penyakis kista ini tidak berbahaya. Akan tetapi, dari sebagian bisa mendatangkan masalah, mulai dari mengalami nyeri ketika haid, kista pecah, perdarahan, sampai penyakit serius, seperti: gangguan kehamilan, terlilitnya batang ovarium, infertilitas sampai kanker endometrium.

Jenis Jenis Kista Ovarium

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista ini terbagi menjadi dua jenis berlandaskan proses penyembuhannya. Antara lain:

  1. Kista non neoplastik, merupakan jenis kista yang sifatnya jinak, biasanya benjolan pada indung telur akan kempis dan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 2 sampai dengan 3 bulan. Sehingga proses penyembuhannya pun tidak memerlukan operasi.
  2. Kista neoplastik, jenis kista yang satu ini lebih berbahaya dibandingkan dengan kista non neoplastik. Kista jenis ini memerlukan operasi dalam proses penyembuhannya. Akan tetapi tidak semua jenis kista neoplastik mesti dilakukan operasi, hal ini tergantung dari sifat dan benjolan pada indung telur. Kista akan berakibat pada proses haid (menstruasi) perempuan, sebab mengganggu sistem hormon. Dan lebih parahnya lagi, kista bisa membuat perempuan mengalami kemandulan, yang dikarenakan ketidakmampuan untuk menyalurkan sel telur dengan baik.

Kista ini merupakan sebuah penyakit yang bisa menyerang siapa saja, terutama pada perempuan yang berusia antara 20 sampai dengan 30 tahun. Dan untuk itu, Anda perlu mengetahui tentang beberapa gejala kista supaya Anda dapat melakukan pencegahan sejak dini, sehingga penyakit kista tidak berkembang menjadi kronis.

Baca artikel mengenai obat herbal kista.

Mengenali Gejala Gejala Penyakit Kista Ovarium

  • Menstruasi (haid) tidak teratur.
  • Adanya tekanan pada kandung kemih yang membuat seseorang sering buang air kecil.
  • Nyeri ketika buang air besar.
  • Pada perut seperti adanya tekanan.
  • Bagian panggul terasa nyeri yang bisa menyebar ke punggung bawah dann paha.
  • Ketika berhubungan badan terdapat rasa nyeri.
  • Mual yang disertai dengan muntah, (hal ini serupa seperti yang dialami orang yang dalam masa kehamilan).

Komplikasi Yang Dapat Timbul Akibat Tumbuhnya Kista

  • Memiliki resiko tinggi untuk terserang kanker endometrial.
  • Mengalami kemandulan (Infertilitas).
  • Meningkatnya tekanan darah.
  • Menderita diabetes.
  • Mempunyai resiko untuk terserang kanker payudara.

 

Share This:

5 Jenis Pantangan Penderita Kanker Paru Paru

Makanan sehat

Pantangan Penderita Kanker Paru Paru
Ya, bicara tentang kesehatan paru paru tentu sangat berkaitan dengan kebiasaan hidup kita, apakah kita tinggal di daerah yang bebas polusi, apakah anda seorang perokok, karena udara yang kita hirup sangat berpengaruh terhadap kesehatan paru paru kita. Bagi orang yang mengalami masalah dengan kesehatan paru-parunya 90 persen dikarenakan asap CO2 dan zat kimia berbahaya lainnya yang berasal dari rokok yang dibakar, baik perokok aktif maupun pasif mempunyai resiko sama besarnya terkena masalah dengan paru paru. Tetapi di samping juga ad faktor lain penyebab munculnya kanker paru paru dalam tubuh yaitu makanan yang kita konsumsi sehari hari, 90% zat karsinogen terdapat dalam asap tembakau rokok, tapi ada juga beberapa makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi apabila kita mengalami permasalahan paru paru, antara lain:

  1. Makanan yang diolah dengan proses dibakar, segala jenis makanan yang dibakar pasti akan meninggalkan residu hangus/gosong berwarna hitam, residu tersebut sangat berbahaya sekali terhadap kesehatan tubuh kita karena mengandung kadar karsinogen jauh lebih berbahaya daripada asap rokok sehingga sel kanker akan lebih cepat berkembang. Usahakan mengkonsumsi makanan yang direbus/dikukus karena lebih baik untuk kesehatan tubuh kita.
  2. Makanan yang mengandung bahan pengawet, senyawa dan zat kimia yang terkandung dalam bahan pengawet sangat berbahaya bagi penderita kanker paru paru maupun orang sehat karena kandungan karsinogen aktif yang tinggi dapat memicu pertumbuhan sel kanker.
  3. Daging merah, daging merah merupakan sumber protein dan kolesterol yang menjadi sumber makanan sel kanker sehingga dapat mempercepat penyebaran sel kanker dalam tubuh, tentu ini sangat berbahaya mengingat kanker paru paru merupakan kanker yang tergolong ganas dan cepat merusak jaringan di dalam paru paru.
  4. Sea Food, makanan yang berasal dari lau seperti cumi, udang, kepiting, kerang mengandung tingkat kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker menjadi lebih aktif dan ganas,.
  5. Buah buahan yang bersifat panas dan mengandung gula alkoholik, alkohol tentu sangat disarankan bagi penderita kanker karena memicu berkembangnya sel kanker, sehingga kita juga perlu menghindari beberapa buah buahan yang mengandung alkohol seperti durian, nangka, lengkeng, nanas, duku, dan anggur.

Baca juga : Obat Herbal Kanker paru paru

Demikian pembahasan seputar makanan yang harus dihindari oleh penderita kanker paru paru, tentunya ini juga berlaku bagi orang yang sehat untuk mencegah kanker paru paru. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan informasi seputar penyakit kanker paru paru agar kita lebih siap untuk menghadapinya.

Source : bbc.com

Share This: